Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan

Seperti kita ketahui, hampir semua buah memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk buah pepaya.

Pepaya tidak hanya rasanya enak, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Setidaknya satu buah pepaya mengandung 235 mg vitamin C, 2-3 kali lebih banyak dari dosis harian yang disarankan.

Kandungan Yang Terdapat Di dalam pepaya

Buah dengan nama Latin Carica papaya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko selatan.

Yang menarik, hampir semua bagian pepaya dapat dikonsumsi, dari buah hingga daun hingga bunga.

Buah jeruk ini juga mengandung enzim yang disebut papain dan lebih banyak antioksidan dari buah-buahan lainnya.

Kandungan nutrisi pepaya seperti serat, mineral (likopen, kalsium, kalium, asam folat, magnesium) dan vitamin (A, B1, B3, B5, E5 dan K).

Buah pepaya kecil memiliki berat 152 gram, mengandung 59 Kkal, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat dan 1 gram protein.

Selain itu, kadar gula dan indeks glikemik dalam pepaya cukup rendah. Karena itu aman bagi penderita diabetes.

Manfaat pepaya untuk kesehatan

Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan
Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan

 

Begitu banyak nutrisi, begitu banyak manfaatnya. Inilah keunggulan buah pepaya.

1. Pencernaan teratur

Hingga saat ini, banyak orang meyakini manfaat buah pepaya untuk memperlancar pencernaan, termasuk buang air besar.

Buah pepaya juga digunakan sebagai obat untuk sembelit dan gejala-gejala lainnya dari irritable bowel syndrome (IBS) atau irritable bowel syndrome.

Menurut Pusat Penelitian International Scientific Group of Preventive Medicine, konsumsi pepaya selama 40 hari efektif mengatasi pembengkakan.

2. Mencegah kanker

Buah pepaya juga sangat bermanfaat bagi penderita kanker, terutama kanker payudara.

Dalam sebuah penelitian, kandungan likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker.

3. Menjaga kesehatan jantung

Likopen dan vitamin C dalam pepaya dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, konsumsi pepaya juga dapat meningkatkan kemampuan kolesterol baik (high density lipoprotein / HDL).

Jadi, tidak ada salahnya menambahkan pepaya ke dalam makanan sehari-hari Anda.

4. Mencegah peradangan kronis

Buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan dipercaya dapat mengurangi peradangan atau peradangan kronis.

Dalam hal ini, pepaya juga merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi.

5. Meredakan nyeri haid

Selama menstruasi, beberapa wanita mengalami rasa sakit atau kram di perut.

Untuk menghilangkan rasa sakit, wanita haid harus mengkonsumsi pepaya.

Karena, kandungan enzim papain dalam pepaya bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan untuk meredakan nyeri haid.

6. Tingkatkan produksi susu

Tak ketinggalan, manfaat buah pepaya juga bisa dirasakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Kandungan vitamin C, vitamin E dan asam folat dalam pepaya dapat meningkatkan produksi ASI (ASI).

7. Meningkatkan daya tahan

Beta karoten (provitamin A) dalam pepaya memainkan peran penting dalam produksi antibodi.

Selanjutnya, antibodi ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau kekebalan tubuh.

8. Menjaga kesehatan mata

Buah pepaya berkontribusi pada pemeliharaan metabolisme seluler di mata, tepatnya di retina.

Karenanya, dengan konsumsi pepaya secara teratur, kesehatan mata akan terjaga dan terhindar dari risiko mata kering.

Baca Juga :